https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE “5E” | Munawaroh | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE “5E”

Khanifatul Munawaroh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa dengan model Learning Cycle “5E”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunkan model Learning Cycle “5E” dapat meningkatkan 1) pemahaman konsep matematis yaitu siswa dapat untuk menyajikan kembali satu konsep matematika yang ditunjukan dengan siswa mampu memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematis dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 63,71% dengan kategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan  menjadi 79,44% pada siklus II dengan kategori Baik. 2) berpikir kreatif matematis siswa yaitu siswa mampu mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan masalah matematis dengan perolehan rerata persentase yaitu 61,90%  dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 78,23% dengan kategori baik.



DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.